Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat datang di Kata Irhamna | Tutorial, Tips and Trick Blogspot... Silahkan isi komentar dan pertanyaan anda, karena itu sangat berarti buat Saya dan Insya Allah Pertanyaan dari Anda akan Saya Jawab... Terima Kasih Atas Kunjungan Anda dan Jangan Sungkan Berkunjung Kembali...

Menambahkan Option Print This dalam Blog

Halooo pembaca yang terus-menerus berkunjung ke kata irhamna, tepat di minggu sore ini, Saya akan membahas tentang option print pada Blog. Biasanya untuk mengeprint suatu halaman, apalagi 1 halaman itu banyak postingannya dan kita hanya ingin mengeprint salah satu postingan tersebut, kita harus mengklik judul atau link postingan itu, sehingga hanya postingan tersebut yang muncul di halaman itu dan kita harus menuju ke File > Print. Agak ribet kan ?

Dengan adanya Option Print This dalam Blog, kita tidak bersusah payah lagi untuk mengeprint suatu postingan, tapi bagaiamana caranya ? Ayo ikuti langkah berikut ini !!!

Pertama seperti biasanya login ke Blog kita, kemudian langsung menuju Edit HTML Saya sarankan kepada para pembaca untuk memback-up dulu template Blog Anda, karena yang Saya bahas di sini akan mengubah sedikit bagian dari template kita.

Kemudian copy code di bawah ini tepat di bawah tag </head>., sembarang mau diletakkan di mana, intinya di antara tag </head>.dan penutup </head>.

<style type="text/css" media="print">

#noprint {display: none;}

// Hide unwanted elements

Body {background:fff; color:000;}

// Black and White background a {text-decoration: underline; color: 00f;}

//Underline Hyperlinks in blue

}

</style>

Jika sudah ni, jangan lupa untuk mengklik tombol Save Template. Selanjutnya tambahkan kode ini di setiap akhir postingan/artikel Anda:

<a href="Javascript:window.print()">Cetak Halaman Ini</a>

Jika Anda menginginkan link Cetak Halaman Ini muncul di setiap postingan, maka kita herus menyisipkan kode di atas secara otomatis dengan cara, tuju ke Setting > Formating lalu di bawah sekali ada text box kosong, lalu copy ke situ. Selesai jangan lupa di simpan.

Selamat mencoba!!!!!

Comments :

5 komentar to “Menambahkan Option Print This dalam Blog”
Erwin Y said...
on 

terima kasih..tambah ilmu

-- said...
on 

wah...mantap....
makasih ya...dah bagi ilmu nih.... :)
salam sukses :)

andri said...
on 

mas,,
klo mau btwt option print dalam web yang d bwt manual msal dr dreamweaver ato smcamnya tapi engga pke CMS semacam blog/WP/joomla tw nda??

Danang said...
on 

thanks infonya.

Anonymous said...
on 

Thanks sob nice info untuk tampilan personalisasi blog

Post a Comment