Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat datang di Kata Irhamna | Tutorial, Tips and Trick Blogspot... Silahkan isi komentar dan pertanyaan anda, karena itu sangat berarti buat Saya dan Insya Allah Pertanyaan dari Anda akan Saya Jawab... Terima Kasih Atas Kunjungan Anda dan Jangan Sungkan Berkunjung Kembali...

Mengubah Favicon default Blogger

Assalamualaikum Wr. Wb.

Senang sekali :~ saya dapat mengubah Favicon standar Blogger menjadi Favicon keinginan saya, Mmm . . . Anda ingin juga mengubahnya? Kalau mau, ayo kita mulai cara mengubahnya !!!

Sebelumnya Anda harus tahu dulu apa itu Favicon :t , nah Favicon itu adalah ikon kecil yang muncul di setiap kanan address bar dan tab. Jika sebuah Blog tidak memiliki Faviconnya, maka Favicon akan diisi ikon default Blogger, yakni lambang B yang berwarna Orange.

Untuk menggantinya Anda harus membuat sebuah ikon terlebih yang berekstensi apa saja, bisa ekstensi asli ikon (*.ico), png (*.png) atau bisa gif (*.gif). Yang jelas ni, ikon yang Anda buat setidaknya berukuran 32 x 32 dan sebisa mungkin Anda coba dulu dengan ukuran 16 x 16 karna batas maksimal ukurannya 32 x 32.

Tetapi jika anda tidak ingin bersusah payah untuk membuatnya, Anda bisa mencarinya di Internet. Ketik saja kata kunci atau keyword yang anda inginkan misalnya “Free Icon”, lalu pilih yang Anda suka :z He... 3x.

Kemudian setelah mendapatkan ikon tersebut, kita harus meng-upload ikon tersebut ke alamat hot-linking yang mendukung file management, seperti Google Pages (www.googlepages.com), Geocities, Yahoo, Photobucket atau tripod (www.tripod.com). Ingat harus hot-linking ya.....!!!

Nah, jika sudah di-upload, saatnya Anda menuju ke Blog Anda. Masuk ke Blogger dashboard, jika sudah pilih Layout > Edit HTML. Cari kode yang ditebalkan dan tambahkan kode yang berwarna biru.

<title><data:blog.pageTitle/></title>

<link href=http://tempat kamu meng-upload ikon/nama file.icoâ rel=âshorcut iconâtype=âimage/x-iconâ/>

Yang bertuliskan “tempat kamu mengupload ikon, harus diganti dengan alamat di mana kamu upload gambar ikon, misalnya http://arti.master.irhamna.googlepages.com dan yang bertulikan “nama file”, tuliskan nama file yang kamu upload misal panda.ico, maka jika digabung menjadi http://arti.master.irhamna.googlepages.com/panda.ico.

Untuk file yang berekstensi selain contoh di atas (*.ico) maka harus diganti ekstensinya, misal gambar dengan ekstensi gif maka diganti dengan *.gif begitu juga dengan ekstensi lainnya.Kemudian yang bertuliskan image/x-icon yang terdapat di akhir kode di atas, jika ekstensinya gif, maka berubah menjadi image/gif, begitu juga dengan ekstensi lainnya.

Setelah selesai jangan lupa disimpan dan lihat hasilnya.

Selamat mengubah Favicon Anda!!!!!!!!! ;) ;) ;) ;)

Cat: (*) = nama file

Comments :

0 komentar to “Mengubah Favicon default Blogger”

Post a Comment